Monday, April 27, 2009

Memperingati Hari Bumi



25 April diperingati sebagai Hari Bumi. Di Kutai Timur, Kaltim, PT Kaltim Prima Coal bekerja sama dengan Pemkab Kutai Timur dan masyarakat melaksanakan peringatan Hari Bumi dengan mengambil tema 'Bakti Bumi Sengata'.

Pelakasanaan diadakan pada Sabtu, 25 April 2008. Pelaksanaan kegiatan diwarnai dengan beberapa kegiatan. Di antaranya jalan sehat sambil bersih-bersih lingkungan, menanam pohon, lomba mnggambar, membuat poster, dan pameran serta demontrasi pembuatan kompos.

Kebetulan saya diserahi tugas untuk meliput jalannya beberapa kegiatan Peringatan Hari Bumi. Saya turut berbaur dengan para peserta lomba mengambar dan mewarnai di Taman Sentra Niaga Swarga Bara. Di sinilah secara tak diduga saya didaulat untuk mengorganis beberapa kegitan sehingga saya harus menenteng megaphone dan melayani beberapa pihak. Ya, tugas dadakan. Padahal, banyak panitia yang bercokol di sana namun karena banyaknya peserta mereka menjadi agak sulit menanganinya. Maka, yang turun tangan akhirnya para guru sedangkan panitia inti sedikit demi sedikit mundur satu per satu karena banyak yang komplain.

Ya, menghadapi komplain dan protes beberapa pihak, utamanya orang tua, saya hanya senyum-senyum dan asyik aja. Nda usah ditanggapi dengan serius apalagi adu argumen. Ngalir saja. Dan, sesungguhnya selain untuk meliput jalannya kegiatan saya pun ingin mengantar anak saya turut lomba. Lomba yang diikuti adalah 'melegkapi gambar'. Maka, semuanya beres dan lomba berlangsung dengan baik berkat kerja keras para guru dan dibantu oleh sedikit panitia inti, saya melihat anak saya turut lomba sekaligus saya membuat beberapa photo sebagai bahan dokumentasi.

Namun dengan kerja keras para guru dan keterlibatan saya dalam memecahkan crowded di lapangan, akhirnya lomba dan agenda lain dapat berjalan dengan baik.

Selamat Hari Bumi. Mari kita pelihara kualitas bumi sebagai rumah kita agar tetap kondusif.

No comments: