Thursday, September 17, 2009

LEBARAN


Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah sesuatu yang sangat istimewa di hati tiap umat Islam, khususnya umat Islam Indonesia. Pada hari ini setiap umat Islam bersuka cita bersama keluarga dan kerabat. Kesukacitaan ditampakan dengan pemakaian busana yang bagus dan indah serta dengan menyajikan beragam kue, masakan, dan minuman yang khas untuk menyambut para tetamu yang berkunjung untuk bersilaturahim dan bermaaf-maafan. Tidak hanya itu, senyum dan keramahan senantiasa terpancar dari raut wajah mereka saat bertemu dengan saudara-saudaranya. Idul Fitri aau lebaran memang sangat istimewa.

Karena begitu istimewa, tidak sedikit mereka yang pergi merantau dan jauh dari kampung halaman menjelang hari yang istimewa itu mereka harus pulang kampung atau yang biasa dikenal dengan istilah mudik. Betapa pun mudik harus disertai dengan beragam pengorbanan; seperti tenaga, waktu, dan biaya yang tidak sedikit; hal-hal seperti demikian tidaklah menjadi mereka surut untuk mudik. Mereka sangat antusias. Mereka mau berdesak-desakan untuk mendapatkan tiket transport demi bisa membawnya pulang kampung. Ada yang memburu tiket bus di terminal, tiket kereta api di stasiun, tiket kapal laut di pelabuhan, atau tiket pesawat di bandara. Bahkan bila mereka mempunyai kendaraan pribadi tidak segan-segan harus dimuati dengan teman, kerebat, dan kenalannya sehingga mobil minibus sarat dengan penumpang dan barang bawaannya. Semuanya itu dengan tujuan agar mereka dapat berkumpul dengan keluarga dan kerabat pada hari lebaran.

Lebaran sekali lagi sangat istimewa. Pada hari ini siapa pun tidak segan dan tidak berat untuk memohon maaf dan memberikan maaf atas segala salah dan khilaf selama ini, baik yang sengaja atau pun kesalahan dan kekhilafan yang tidak disengaja. Dengan demikian mereka kembali kepada kefitrahan atau kesucian kemanusiaannya sebagai hamba Allah.

Lebaran mungkin boleh jadi dimaknai dengan ungkapan 'bebas dan lepas'. Bebas dan lepas dari segala salah dan khilaf yang semuanya itu berdampak pada dosa. Mereka kembali kepada kefitrahan dan kesucian dirinya seperti saat pertama kali dilahirkan.

Semoga lebaran atau idul fitri benar membuat tiap manusia senantiasa dalam kefitrahan dan kesucian hati, sikap, perbuatan, pikiran, dan bentuk aktivitas lainnya sehingga kita semua bisa bertemu dengan Allah dengan wajah yang berseri-seri.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430 HIJRIAH
MINAL AIDIN WALFA IDZIN
MOHON MAAF LAHIR - BATIN

1 comment:

Anonymous said...

Nice Article...

One Simple Tech - Computer News, Reviews and Guides
The Forex Page - The Foreign Exchange
The Airlines Page - All Things Airlines
The Fitness Page - Guides to Healty Life
The Network site - The Networking Site
The Adsense Site - Guides to Adsense