Tuesday, February 24, 2009

Membuat Majalah Sekolah


Membuat majalah sekolah merupakan hal yang sangat menantang. Dalam hal ini hanya saya yang 'hunting' news, menuliskan transkripsi, membuat lay out, dan berurusan dengan pihak printing sampai kepada distribusi majalah.

Kelihatannya sesuatu yang sederhana. Tidak repot. Tidak perlu banyak pikir. Tidak perlu njlimet. Cukup ikuti kegiatan di sekolah, amati, wawancarai narasumber, dan tulis di kertas. Lalu, ketik di komputer. Setelah sekian berita didapat kemudian diimport ke halaman lay out malajah. Jadi, deh, itu draft majalah.

Akan tetapi, ternyata untuk dapat mewujudkan sebuah majalah yang sederhana sekali pun harus ada segudang kreatif. Amati kejadian atau acara. Ambil photo dengan 'angle' yang bagus. Sampai utak-atik desain, sangat memerlukan perhatian dan sebuah kecakapan akan tool software komputer tertentu. Misalnya, software Adobe Photoshop, Page Maker, Corel Draw, dan Indesign serta PDF. Wuih..., perlu kecakapan yang baik.

Begitu pun dalam pemilihan desain majalah yang menyangkut tipografi huruf, warna, sampai tataletak photo dan teks sangat menguras waktu dan energi. Belum lagi memikirkan contens apa saja yang akan dipublish. Maka, harus baca ini - itu ke perpus atau browsing di internet. Ya..., sebuah kenikmatan sendiri manakala referens yang diperlukan didapat sebagai bahan landasan teori suatu artikel. Maka, di sini pun memerlukan sebuah keterampilan dalam meracik beragam pendapat dan beragam teori dalam satu sajian artikel.

Kepuasan yang lain manakala contens yang diangkat cukup mendapat perhatian dari para pembaca. Apakah itu dalam bentuk pujian, kritik, saran, bantahan, atau keberatan. Dalam hal ini berarti 'dunia saya' tidak menjadi suwung. Ada mahluk lain yang turut terlibat. Dan, inilah yang menjadikan dunia membuat majalah begitu menantang. Untuk itu semua saya terus meningkatkan kemampuan saya dengan membaca, browsing, bertanya, berlatih, dan terus utak - atik.

Inilah 'dunia saya' sekarang, selain bertugas sebagai seorang guru untuk menjadi teman anak-anak di kelas dalam mempelajari sesuatu.

1 comment:

Anonymous said...

Selamat ulang tahun. Semoga sehat dan baik selalu serta senantiasa Allah SWT merahmatimu, Nak.