Thursday, January 22, 2009

Subhanallah..., Anak Kami Diberi kemudahan untuk Belajar


Subhanallah..., Maha Suci Allah yang telah menerapkan kadar-kadar-Nya bagi tiap manusia, mahluk ciptaan-Nya.

Anak kami yang pertama masuk jenjang dunia pendidikan model kelas dimulai pada usia dua tahunan. Saat itu dia ikut kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang lebih dikenal dengan istilah Play Group. Tepatnya Juli 2005. Nama Play Groupnya adalah Al-Mawadah yang terletak di pendopo kompleks perumahan kami, Griya Prima Lestari.

Tujuan kami mengikutkan dia di Play Group agar dia memiliki banyak teman sehingga bisa bersosialisasi dengan sebayanya. Sedangkan kami berdua, ayah dan bundanya sama-sama bekerja di sebuah institusi pendidikan. Maklum, rumah yang kami tempati saat itu masih sendirian, belum ada tetangga. Tetangga yang terdekat jaraknya 100-an meter, itu pun anak-anaknya sudah besar-besar. Jadi praktis, bila kami bekerja dia hanya dengan (maaf)pembantu kami. Maka, kesempatan bisa bersosialisasi dengan sebanyanya, ya, kalau tidak beranjangsana dengan tetangga atau kenalan adalah dengan ikut model Play Group tersebut.

Alhamdulillah..., selama di Play Group ia menunjukkan perkembangan yang baik. Bahkan memiliki nilai plus. Lebih kreatif, memiliki banyak teman, dan kuat menghafal beberapa doa sehari-hari. Selain itu ia menjadi mandiri. Pokoknya, apa-apa yang bisa ia lakukan; ia akan melakukannya sendiri. Kalau sampai dibantu orangtuanya ia akan interupsi. "Aku, kan, bisa sendiri...?"

Ya..., saya sangat bersyukur.

Mengingat usianya masih muda, maka ia ikut Play Group kembali di tahun kedua. Di waktu inilah perkembangan intelektualnya semakin berkembang. Ia mengenal warna dengan baik. Mengenal benda-benda. Mengenal hewan. Bahkan..., dalam berhitung ia pun sudah bisa mengoperasikannya. Tidak hanya bisa karena hanfal atau didaulat oleh orang lain.

Tamat dari Play Gruop anak kami melanjutkan ke TK yang kami kelola, yakni TK Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB) yang berada di bawah naungan PT Kaltim Prima Coal (PT KPC). Banyak perkembangan yang ia perlihatkan melalui beragam aktivitasnya. Ia gemar menyanyi, bercerita, origami, melukis, menari, dan lainnya. Beberapa prestasi ia sudah cetak. Maka, tidak heran ia pun menjadi andalan guru-gurunya dalam mengikuti kegiatan.

Memasuki tahun kedua di TK atau dikenal dengan TK kelas B, selepas waktu ashar ia ikut mengaji di TPA. Ia mengaji masih dalam tataran IQRA. Alhamdulillah, ia bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Lulus dari TK ia melanjutkan ke SD, masih di institusi yang kami kelola. Puji syukur, di SD ia menunjukkan perkembangan yang peasat, baik segi intelektual maupun emosi-psikologisnya. Di SD ia masuk kelas bilingual. Yaitu, sebuah kelas yang diarahkan untuk dapat belajar dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Nilai-nilai yang dicapai cukup sempurna. Maka, pada saat pembagian buku laporan perkembangan pendidikan semester pertama kemarin, 19 Desember 2008, ia menempati posisi teratas di kelasnya. Sungguh, kami sebagai orangtuanya saat mendapat laporan perkembangan pendidikan dari wali kelasnya, mearasa bangga meskipun berusaha kami sembunyikan perasaan itu. Ya..., alhamdulillah, subhanallah....

Lebih berbangga lagi, kemarin 22 Januari 2009, ia menghatamkan IQRA-nya. Ia menyelesaikan jilid 1 sampai 6 dan ia mengaji ke Al-Qur'an. Artinya, ia sudah menyelesaikan dasar-dasar dan hukum-hukum membaca Al-Qur'an untuk dapat membaca dengan baik teks Al-qur'an. Mudah-mudahan ia diberikan selalu sebuah anugrah kemudahan dari ALLAH SWT dalam mempelajari ilmu dan agama-Nya. Amin, amin, amin ya robbal 'alamin.

Semoga ia manjadi anak yang sholeha dan taqwa serta senantiasa berbakti pada orangtua dan memberikan manfaat yang positif bagi sesamanya dalam lingkup agamis.

No comments: